Wednesday, October 26, 2011

Telinga Anda Berdenging? Hindari Kafein ng boranan

Suara berdengung atau denging yang terdengar ditelinga itu disebut tinnitus. Tinnitus adalah suara yang tidak jelas sumbernyayang hanya terdengar di telinga seorang penderita.


Suara yang terdengar bisa bermacam-macam, bisa dengungan,denging, mengerik, deru, raungan atau siulan bahkan suara berdesis dengantingkat gangguan berbeda-beda, dari yang tidak begitu mengganggu sampai yangbisa bikin stres!

Macam-macam penyebab tinnitus. Bisa karena liangtelinga yang tersumbat, terpapar oleh suara keras, atau karena akibat reaksiterhadap obat tertentu (seperti aspirin, kuinidin, kuinin) juga bisa karenakebanyakan kafein. Tapi tinnitus juga bisa menjadi salah satu pertandaadanya suatu keadaan medis yang serius(seperti darah tinggi atau rendahnya kadar hormon tiroid, jantung, alergi, dan anemia).

Memang, para ahli juga belum dapat memastikanmekanisme penyebab timbulnya suara itu. Karena itu penting pergi ke dokter dulusebelum mengambil suatu tindakan.

Umumnya dokter akan memeriksa apakah ada infeksi,telinga tersumbat atau ada gangguan pendengaran. Dan ini biasanya terjadi padakedua telinga bukan salah satu saja.

Hindari mengonsumsi nikotin, kafein, dan alkoholselama beberapa minggu, karena dapat memperburuk keadaan.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger