Wednesday, October 26, 2011

Tempat Menarik di Cina ng boranan

Danaugletser, hutan di pegunungan, pantai berpasir dan banyak lagi. Inilah daftartujuan-tujuan dramatis yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan saatmembayangkan Cina.


Ada lebih banyak tujuandi Cina dari sekadar ShanghaiExpo, makanan murah, dan tembok besar. Pesan tiket kereta dan tiket pesawat,lalu lihatlah beberapa atraksi Cina ini.


1. Karakul Lake, Xinjiang
Karakul adalah danau gletser denganketinggian 3600 mdpl, tersembunyi di antara Pegunungan Pamir, dan terlihatseperti berada di pinggir dunia. Terletak di sepanjang jalan tol Karakorum dansepelemparan batu dari perbatasan Tajikistan, Karakul adalah tempat banyaknyaunta, yak, penggembala Kyrgyz dan...hanya itu. Berjalan di sekitar danau(Karakul berarti danau hitam dalam bahasa Kyrgyz) membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan menawarkan pemandanganspektakuler akan Gunung Muztagh Ata dengan ketinggian 7500 meter.

Banyak pengunjung yang memilih menginap di yurt milik penduduk setempat. Denganharga $10 per malam, Anda bisa makan nasi, sayur, daging yak dan tidur di ruangtidur yang hangat dari tungku api kecil. Berpakaianlah yang hangat.


2. Menara Tibet di Sichuan Barat
Menara-menaramisterius ini mewarnai Koridor Suku di Provinsi Sichuan Barat. Ratusan menaramasih berdiri -- beberapa mencapai ketinggian 50 meter dan menunjuk ke 13 titik-- dan yang tertua diperkirakan berusia 1200 tahun.

Tidak ada yang tahu kenapa menara-menara ini berdiri dan apa kegunaannya, tapibeberapa orang mengatakan bahwa menara ini adalah bagian dari strukturpertahanan untuk mengamati bukit-bukit di sekelilingnya. Yang lain memprediksibahwa menara-menara ini adalah simbol status atau rumah penyimpanan, ataukeduanya. Meski begitu, menara misterius Himalaya ini adalah salah satu rahasiaCina.


3. Sungai besar di Cina
Cinamemiliki beberapa sungai terbesar di Asia -- Sungai Kuning, Yangtze, dan Mekong-- dan bagi banyak penduduk, proyek dam raksasa negara ini adalah sebuahtragedi. Tapi Cina masih memiliki beberapa jalur sungai yang terpelihara danbisa memperlihatkan sisi Cina yang jarang tampil ke permukaan.

Ekspedisi Sungai Perjalanan Terakhir, dikelola oleh pemuda Amerika yangberusaha melestarikan warisan budaya sungai Cina, bisa menjadi titik awal.Perusahaan ini menawarkan tur-tur ke sungai-sungai di Barat Cina -- termasukTibet, Qinghai dan Yunnan -- yang mengombinasikan pariwisata dengan tujuansosial dan lingkungan.


4. Danau Surga, Tempat Loch Ness Cina
Sejak awalabad lalu, Monster Danau Surga sudah beberapa kali 'muncul'. Pada 2003,sekelompok tentara mengaku melihat hewan berwarna hijau dan hitam dengan sisikdi punggungnya dan tanduk di kepalanya. Pada 2007, seorang kamerawan TVmengambil gambar dan foto tiga pasang mahluk bersirip, berbentuk seperti anjinglaut, dan berenang secepat kapal yacht.

Ada atau tidak ada monster, Danau Surga adalah sebuah keajaiban. Danau vulkanikdi Provinsi Jilin ini dianggap sebagai tanah suci pada Dinasti Qing. Daripuncaknya, Anda bisa melihat sekilas Korea Utara di seberang perbatasan.



5. Jalan Burma, Yunnan
JalanBurma pernah menghubungkan Mandalay sampai Kunming dan menjadi lokasipertempuran berdarah pada Perang Dunia 2. Pada teritori Cina, jalan ini berawaldi Riuli dan dikenal sebagai titik penghubung Segitiga Emas, dan kini populersebagai pasar giok. Anda akan melewati bukit berpemandangan indah dan sawahbertingkat dalam perjalanan menuju Tongsheng, tempat terdapatnya Museum PerangAntiJepang Yunnan-Burma.

Sebelum menuju Dali, sisakan beberapa hari untuk berjalan melewati desa-desatradisional di sepanjang bagian selatan Sungai Nu. Setibanya di Dali,bersantailah di salah satu kafe yang tersebar di Kota Tua sebelum sampai keKunming, Ibu Kota Yunnan dan salah satu kota paling keren di Cina.


6. Afrika Kecil, Guangzhou
Tersembunyidi salah satu pusat Kota Tua Guangzhou adalah sudut paling menarik di Cina yangtidak Anda ketahui: komunitas yang terdiri dari sekitar 20 ribu pedagang asalNigeria, Senegal, Ghana, dan negara-negara lain di Afrika.

Terletak dekat Pusat Jual Beli Grosir Ekspor Pakaian Kanaan, Afrika Kecil atauKota Cokelat -- seperti yang sering disebut oleh penduduk lokal meski terdengaragak rasis -- muncul pada 1990an. Ini adalah masa ketika para pedagangberbondong-bondong datang ke Provinsi Cina selatan yang diberi julukan 'pabrikdunia'. Kelompok sosial dan komunitas keagamaan berkembang pesat dan banyakpedagang yang akan bersedia bercerita pada Anda tentang kisah hidup mereka --yang baik dan buruk -- di Guangzhou.


7. Telanjang di Bukit Moganshan
Pada awalabad lalu, orang-orang kaya asing yang tinggal di Shanghai datang ke Moganshanuntuk bersantai saat musim panas di vila mereka, bermain tenis, dan berenang dikolam umum. Kini Moganshan kembali terkenal, sebagian karena Naked Retreats,sekumpulan rumah-rumah tradisional yang direnovasi. (Jangan tertipu dengannamanya -- jika Anda ingin telanjang, maka itu harus dilakukan di bungalow Andasaja)

Setelah datang, para tamu dibawa melewati 'jalan santai' dan disarankan untukmenghabiskan beberapa menit mengagumi pemandangan. Aktivitas yang tersediatermasuk bersepeda, memancing, dan hiking. Pengunjung bisa berjalan melewatiperkebunan teh dan hutan bambu, atau berenang di penampungan air sambilmendengar bunyi serangga. Akomodasi yang disediakan cukup sederhana -- lantaikayunya berderak dan tidak ada pendingin ruangan -- tapi bungalow dilengkapidengan dapur, TV layar datar dan internet nirkabel.


8. Pulau Gulangyu
Setiapturis ke Cina selalu punya cerita soal mobil -- atau beberapa -- dan jarangyang positif. Gulangyu, sebuah pulau lepas pantai Xiamen, bisa jadisatu-satunya tempat tenang yang tersisa di Cina yang terobsesi denganmobil.

Gulangyu, tempat tinggal sekitar 16 ribu orang pada satu kilometer persegi tanah,terkenal karena tidak memiliki kendaraan bermotor (dengan beberapaperkecualian). Sepeda pun tidak ada. Tidak ada klakson, macet, pengalamanhampir kecelakaan. Bisakah tempat ini disebut Cina? Pulau berbukit ini seolahsetengah Havana, setengah Hawaii -- mimpi indah pejalan kaki.


0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger