Monday, November 21, 2011

Tips Menghindari Pencurian Pulsa ng boranan

Banyaknya berita keluhan masyarakat terhadap layanan SMS premium
berlangganan atau yang sering disebut REG yang sering mengakibatkan
pulsa handphone tersedot habis.










Untuk mencegah serta menghadapi pelanggaran yang dilakukan oleh
Content Provider (CP) nakal yang memanfaatkan layanan tersebut, ada
baiknya anda perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Disarankan untuk tidak menggunakan secara bersama-sama satu nomor
    seluler. Misalnya satu keluarga hanya memiliki sebuah HP dan digunakan
    secara bergantian oleh beberapa anggota keluarga. Dari fakta yang ada, banyak laporan yang masuk baik ke CP, Operator,
    maupun BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), pengguna tidak
    pernah merasa mendaftarkan nomornya ke layanan yang bersangkutan,
    padahal pada kenyataannya, tampak jelas bahwa pengguna tersebut
    benar-benar pernah mengirimkan perintah berlangganan ke layanan
    tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata nomor tersebut memang nomor
    bersama yang digunakan oleh beberapa anggota keluarga.
  2. Apabila tidak dapat dihindari penggunaan secara bersama nomor
    tersebut, selalu pastikan untuk memeriksa semua pesan yang terkirim di
    directory SENT. Dan pastikan bahwa anda mengetahui seandainya ada
    perintah untuk berlangganan, dikirim ke nomor berapa pesan tadi. Pesan
    berlangganan diawali dengan awalan perintah REG. Catat baik-baik
    perintah tersebut beserta nomor tujuannya. Ini bakal memudahkan
    pelacakan dikemudian hari.
  3. Sebelum mulai berlangganan layanan, pastikan di setiap promosi
    yang disajikan oleh CP terdapat pemberitahuan yang JELAS bagaimana cara
    untuk berhenti berlangganan maupun nomor customer service-nya (pastikan
    nomor ini aktif). Jika tidak, jangan berlangganan layanan tersebut.
  4. Cari tahu dengan cermat informasi berapa lama rentang waktu
    pengiriman satu SMS ke SMS berikutnya. Juga ketahui pula berapa tarif
    per SMS-nya. Dengan informasi ini, anda dapat mengkalkulasi berapa biaya
    yang akan anda keluarkan per minggu, atau per bulan. Jika anda ragu,
    sebaiknya jangan berlangganan.
  5. Catat dengan cermat nomor short code misalnya 6789, 1234 dan sebagainya yang menjadi tujuan SMS berlangganan anda.
  6. Catat pula pesan apa yang anda ketikkan ke CP tersebut. Disarankan
    untuk menyimpan setiap detil SMS tersebut dalam HP anda dan jangan
    pernah menghapusnya sampai anda yakin bahwa anda tidak membutuhkan lagi
    data tersebut. Beberapa HP memiliki fasilitas penyimpanan pesan yang
    dikirim dalam bentuk draft, manfaatkan fasilitas ini.
  7. Ketika anda telah mendapatkan reply yang memberitahukan bahwa
    nomor anda telah terdaftar dalam layanan berlangganan tersebut. Pastikan
    lagi apakah cara berhenti berlangganan yang ditampilkan dalam promosi
    pihak CP dapat berjalan dengan sempurna. Umumnya untuk berhenti
    berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan UNREG yang diikuti dengan
    spasi dan jenis layanan berlangganan yang telah didaftarkannya tadi.
  8. Untuk memastikan apakah anda telah benar-benar terbebas dari
    layanan tersebut anda perlu menunggunyadalam 1-7 hari. Hal ini terjadi
    karena kemungkinan pengiriman pesan SMS berlangganan tersebut tidak
    dilakukan setiap hari namun beberapa layanan bahkan dilakukan dalam
    periode mingguan.
  9. Ketika anda merasa ada sebuah pesan yang tidak diinginkan secara
    rutin terkirim ke HP anda pada waktu tertentu misalnya setiap hari jam
    10 pagi, kemungkinan itu adalah layanan REG yang secara sadar maupun
    tidak pernah anda daftarkan sebelumnya. Beberapa SMS tak akan terkirim
    ke HP anda jika anda mematikan HP pada jam-jam tersebut. Namun cara ini tidaklah efektif dan akan mengganggu anda seumur
    hidup. Pastikan pula berapa pulsa anda terpotong setiap kali menerima
    SMS tersebu. Umumnya untuk berhenti berlangganan, pengguna dapat mengetikkan pesan
    UNREG yang diikuti dengan spasi dan jenis layanan berlangganan yang
    telah didaftarkannya.
  10. Ketika sebuah SMS yang terindikasi sebagai SMS REG mampir di HP
    anda, dan anda tidak tahu layanan apa yang sedang dikirimkan, langkah
    pertama yang harus anda lakukan adalah mencatat nomor pengirim SMS
    tersebut. Nomor pengirim dari CP dikenali dari jumlah digit-nya yaitu 4
    digit atau 6 digit. Apabila yang anda peroleh adalah nomor 6 digit misalnya ABCDEF, maka
    CP yang sedang mengirimkan Pesan kepada anda adalah CP yang memiliki
    short code ABCD. Digit berikutnya yaitu EF sebenarnya adalah identitas
    tarif layanan yang didaftarkan oleh CP yang dikenali oleh mesin
    operator.
  11. Jika anda benar-benar tidak tahu layanan apa yang pernah anda
    daftarkan, ketik UNREG ke short code ABCD tadi. Perintah UNREG merupakan
    perintah wajib yang diinstruksikan oleh semua operator ke seluruh CP
    yang memiliki akses ke operator tersebut untuk menghapus nomor pengguna
    dari semua layanan REG yang ada di CP dengan short code ABCD tadi. Jika
    anda telah mendapatkan reply pemberitahuan bahwa nomor anda telah
    terhapus dari layanan REG tersebut, tunggulah beberapa hari untuk
    memastikan seperti tercantum dalam tip (8). Selain UNREG, dapat pula
    dicoba perintah lain misalnya STOP.
  12. Jika anda masih tidak berhasil berhenti berlangganan, anda harus
    melaporkan CP bersangkutan ke operator dimana anda berlangganan. Dengan
    data yang ada, cukup bagi customer service operator untuk membantu anda
    berhenti berlangganan. Selanjutnya tunggu seperti di tip (8).
  13. 13. Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan pesan yang anda terima
    tidak mencantumkan nomor pengirim namun menggantinya dengan tulisan
    misalnya BABY dan sebagainya. Ketahui apakah setiap kali anda mendapat
    SMS tersebut, pulsa anda terpotong dalam nominal tertentu. Teknologi ini
    dinamakan Sender ID masking . Jika ini yang terjadi, maka anda akan
    kecewa ketika meminta bantuan ke customer service operator.




Laporkan kejadian ini ke BRTI dan operator karena untuk mendapatkan
data siapa pengirimnya memerlukan investigasi lebih lanjut dan
pelanggaran ini masuk dalam kategori serius. Teknologi ini sebenarnya
sering dimanfaatkan oleh untuk promosi melalui SMS.







Biasanya CP yang membayar Bulk SMS dan mengirimkannya ke nomor-nomor
pelanggan yang dimiliki CP tersebut. Meskipun Bulk SMS ini tidak
mengurangi nilai pulsa anda, namun dapat dikategorikan dalam spam sms,
dan jika anda merasa dirugikan anda dapat melaporkannya pula ke operator
atau ke BRTI

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger