Friday, February 24, 2012

KESALAHAN KESALAHAN YANG DILAKUKAN SAAT OLAH RAGA ng boranan



Olahraga seharusnya membuat tubuh jadi sehat dan bugar, tapi kadang seseorang suka mengabaikan hal kecil yang bisa memicu cedera. Ini 4 kesalahan yang paling umum dilakukan saat olahraga.

Dr Raj selaku CEO Beverly Hills Orthopedic Institute menuturkan cedera yang dialami seseorang bisa membuatnya berhenti berolahraga dan membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan.

Berikut ini 4 kesalahan yang umum dilakukan orang ketika sedang olahraga

1. Tidak melakukan pemanasan
Dr Raj menuturkan kebanyakan orang memiliki energi penuh sehingga ingin langsung latihan atau olahraga dan melewatkan pemanasan. Kondisi ini bisa memicu orang mengalami cedera karena otot dan sendi masih kaku.

2. Salah posisi saat jongkok
Beberapa orang kadang mengeluh mengalami nyeri lutut setelah olahraga, hal ini kebanyakan disebabkan olah salahnya posisi tubuh saat sedang berjongkok. Jika sumbu lutut berada di depan kaki, maka bisa memicu timbulnya nyeri.

Sebaiknya menjaga lutut agar tetap berada di belakang pergelangan kaki, agar sedikit lebih mudah dilakukan Dr Raj menyarankan untuk melakukan jongkok dengan melawan dinding.

3. Sakit punggung karena salah berdiri
Dr Raj menuturkan jika seseorang sebelumnya tidak aktif, maka mengangkat beban bisa membebani cakram di tulang belakang. Berdiri dengan posisi terhuyung, yang secara alami seseorang akan memperpanjang punggung dengan posisi pinggul ke depan, sehingga punggung berada dalam posisi alami.


4. Berlari terlalu cepat
Jika sedang berlari menuruni bukit, secara refleks seseorang akan berlari cepat. Kondisi ini membuat orang bergantung pada paha belakang untuk melawan paha depan, jika lemah maka ia tidak bisa mentolerir saat memutar atau terjadi ketidakstabilan yang memicu risiko sakit di lutut, pergelangan kaki dan cedera ACL di ligamen lutut.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger