Thursday, May 10, 2012

Kupu-kupu banci ini sangat langka ng boranan


Satu dari 10 Ribu Kupu-kupu Waria
Seandainya kupu-kupu ini memiliki sayap pink dan biru, tentu akan lebih mudah untuk mendeteksi apakah dia memiliki dua kelamin atau tidak. Pada kondisi normal kupu-kupu Papilio rumanzovia betina memiliki sayap pink, sedangkan sang jantan bersayap biru.
 Yang unik dari jenis ini adalah ia lahir dengan dua jenis kelamin yaitu  jantan dan betina. Serangga menakjubkan ini bernama gynandromorph. Sisi pink mewakili sisi jantan dan putih bagian betina.

Fenomena alamiah paling langka. Hanya 0,01 persen dari kupu-kupu tersebut yang dilahirkan sebagai gynandromorph. Artinya, hanya ada 1 dari 10 ribu.*Kondisi ini yang disebabkan oleh kegagalan pemisahan kromosom seks selama proses pembuahan berlangsung .

Binatang ini ditemukan pada saat Proyek Butterfly World (Dunia Kupu-kupu) di Chiswell Green, Hertfordshire, Inggris. Seorang pelajar yang sedang berdarmawisata secara tak sengaja melihat sosoknya.

Pemimpin Butterfly World, Louise Hawkins mengatakan, "Saya sangat senang telah menyaksikan fenomena langka ini di Butterfly World, terutama karena terjadi pada awal karir saya."

"Banyak pakar lepidoptera tidak memiliki kesempatan melihat gynandromorph selama karir mereka. Saya merasa sangat beruntung," ujar kepala ahli lepidoptera ini di Butterfly World seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

Sayangnya, kupu-kupu langka ini lahir dengan tanpa belalai yang terbentuk sepenuhnya dan tabung untuk menyerap makanan. Kupu-kupu ini pun telah mati. Tapi, binatang ini akan diawetkan untuk penelitian lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger