Thursday, December 8, 2011

Inilah 'Mobil Listrik' Terkecil Dunia ng boranan

Mobil Listrik Terkecil Dunia
 London , Ilmuwan memamerkan apa yang mereka sebut mobil listrik terkecil dunia. 'Baterai' Scanning Tunnelling Microscope mobil ini hanya bisa melaju sejauh seperenam miliar.

Mobil ini terbuat dari satu molekul yang dirancang dengan sangat hati-hati. Molekul ini memiliki empat cabang yang berperan sebagai roda dan berputar saat ujung besi kecil memberi sedikit listrik.

Mobil ini mampu bergerak seperenam miliar meter tiap 10 keluaran listrik. Motor mobil ini terletak pada ‘rotor molekul’ yang terus berubah tiap kali menyerap elektron.

Menurut ahli kimia Tibor Kudermac dari University of Twente di Belanda ini, tak mudah membuat mobil ini.

“Ini menjadi penelitian penting dan akan mendorong orang menerapkan pembuat mobil ini di masa depan,” katanya seperti dikutip BBC.

Tugas pertama yang harus dilakukan adalah membuat mobil ini bisa bekerja dalam kondisi normal dan dalam ruang hampa tinggi. Di sisi lain, ia mengakui aplikasi potensialnya butuh mesin molekul berdesain baru.

“Ada taman bermain disini. Itulah yang ahli kimia lakukan. Kami mencoba merancang molekul untuk tujuan tertentu dan kami tak melihat adanya batasan mendasar,” tutupnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger