Monday, December 19, 2011

kegunaan garam selain sebagai penyedap masakan ng boranan

Berlian mungkin sangat berharga karena kecantikan atau keindahanya. Namun ada batuan kristal yang lebih berharga dan bermanfaat dibanding berlian, batu kristal tersebut adalah Garam. Kita tidak mungkin menunjukan garam kepada orang lain sebagai kebanggaan, tapi keberadaan garam telah membuat hidup kita bertahan lebih lama karena berhasil menyulap makanan menjadi lebih lezat untuk dimakan.

http://butoijo.com/wp-content/uploads/2011/11/garam-300x255.jpg

Garam mengandung senyawa kimia Sodium atau Natrium Klorida (NaCl). Berikut 20 rahasia pemanfaatan garam untuk kesehatan, kecantikan dan berbagai keperluan rumah tangga lainya:
1. Garam untuk menghilangkan bekas tetesan lilin
Tidak ingin kesulitan membersihkan bekas tetesan lilin di meja, lantai atau benda-benda lainya, caranya rendam lilin baru sebelum digunakan pada air garam kuat selama 2 – 3 jam.
2. Garam untuk membersihkan bau bekas tumpahan masakan
Ambil kayu manis dan sejumput garam kemudian taburkan pada oven atau loyang bekas panggangan saat masih panas. Diamkan sampai dingin kemudian gosok dan bersihkan sisa garam dan kayu manis tersebut, maka bau bekas makanan dijamin tidak akan menempel.
3. Garam untuk menguji kesegaran telur
Punya telur yang diragukan kesegaranya? Ambil segelas air kemudian campurkan dua sendok teh garam. Masukkan telur yang diuji kesegaranya. Jika telurnya mengapung berarti dalam kondisi segar, namun jika tenggelam berarti telur sudah melalui masa kesegaranya.
4. Garam untuk membersihkan spon
Spon untuk mencuci peralatan memasak jika digunakan terus-menerus bisa tidak higienis dan menjadi sarang kuman. Untuk membersihkanya kembali caranya rendam spon kedalam larutan garam kuat selama 1 atau 2 jam.
5. Garam untuk membunuh tanaman racun dan ulat
Pada tanaman anggur sering ditemukan tanaman yang getahnya dapat menyebabkan raum pada kulit, tanaman tersebut dikenal dengan nama Poison Ivy (Toxicodendron radicans). Untuk mencegah agar getahnya tidak membuat ruam dan gatal pada kulit, kita dapat memanfaatkan garam untuk mengatasinya. Caranya campurkan 1,5 Kg garam pada 1 galon air dicampur sabun, kemudian semprotkan pada tanaman anggur. Ramuan ini juga dapat membunuh ulat tanaman.
6. Garam untuk memperpanjang umur sapu lidi
Sapu dapat bertahan lebih lama jika anda menerapkan tips ini. Rendam sapu saat pertama dibuat/dibeli sebelum digunakan pada air hangat yang telah dicampur garam.
7. Garam untuk mengurangi sengatan lebah
Jika anda digigit lebah, untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, caranya dengan mengolesi dengan garam halus yang telah dibasahi dengan air. Biarkan garam mengering setelah itu rasa panas sengatan lebah akan berkurang.
8. Garam untuk menghilangkan jelaga pada cerobong asap
Cerobong asap biasanya dipenuhi oleh jelaga bekas pembakaran. Untuk mencegah terjadinya jelaga, caranya dengan melempar segenggam garam pada pembakaran yang bisa untuk melonggarkan aliran udara.
9. Garam untuk menyembuhkan sariawan, sakit tenggorakan dan sakit gigi
Larutkan 2 sendok teh garam kedalam seperempat gelas air hangat. Kumur dengan air tersebut selama 20 detik. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan sariawan, sakit tenggorokan atau sakit gigi.
10. Garam untuk menghindari kaku pada pakaian yang dijemur
Tambahkan sedikit garam pada rendaman bilasan cucian untuk mencegah pakaian yang dijemur mengalamai kekauan karena panas.
11. Garam untuk membersihkan Bunga Plastik
Tambahkan segenggam garam pada air dan deterjen untuk mengocok dan membersihkan bunga plastik agar debu dan kotoran yang menempel lebih cepat terbuang.
12. Garam untuk mengawetkan susu bubuk
Susu bubuk yang telah dibuka dari segel plastik biasanya akan lebih mudah basi dan asam. Untuk memperlambat proses pengasaman pada susu bubuk, coba campurkan sedikit garam pada susu bubuk kemudian simpan ke dalam wadah kaca tertutup rapat. Garam tersebut tidak akan mengubah rasa susu.
13. Garam untuk menguatkan rasa pahit kopi
Rasa pahit kopi ternyata dapat dikuatkan dengan menambahkan sedikit garam pada saat penyeduhan kopi. Namun jangan terlalu banyak nanti justru kopinya terasa asin.
14. Garam untuk menghapus noda anggur, darah dan keringat pada pakaian
Berbabagi noda membandel ternyata dapat dibersihkan dengan mengucek pakaian yang terkena noda anggur, darah atau keringat menggunakan garam yang dilarutkan pada air panas dicampur dengan diterjen.
15. Garam untuk mencegah irisan buah menjadi cokelat
Buah yang telah dipotong biasanya meninggalkan bekas warna kecokelatan pada bekas potonganya. Untuk mencegah hal tersebut dapat menggunakan garam dengan cara mencelupkan buah yang baru saja dikupas kedalam larutan air asin dengan kadar rendah.
16. Garam untuk membersihkan kaca dari embun dan salju
Garam dapat digunakan untuk membersihkan embun atau salju yang terdapat pada kaca jendela saat udara menjadi dingin. Ambil spon lembut kemudian celupkan pada air garam selanjutnya usapkan pada kaca yang berembun. Setelah itu bilas dengan kain lembut.
17. Garam untuk menghilangkan bau sepatu
Bau sepatu dapat dihilangkan atau dihindari dengan menamburkan garam halus di dalam sepatu. Namun jangan diterapkan pada sepatu kulit atau sintetis karena dapat merusak bahan sepatu.
18. Garam untuk menghilangkan kantung mata
Jika anda sering bekerja hingga larut malam atau berlama-lama di depan komputer akan menciptakan kantung mata yang menebal dan gelap. Untuk mengurangi kesan kantung mata dapat digunakan garam yang dilarutkan pada air hangat. Kemudian ambil tisu atau kapas celupkan dan tempelkan untuk mengompres mata. Kadar garam dapat membantu menarik keluar kelembapan dan mengencangkan kulit.
19. Garam untuk membersihkan dan mengencangkan kulit
Gunakan campuran garam dan minyak zaitun untuk pemijatan kulit dengan gerakan melingkar. Setelah itu biarkan beberapa menit baru kemudian dicuci bersih. Resep ini dapat mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan kelembapan kulit.
20. Garam untuk mengilangkan noda kuning pada kain putih
Kain berwarna putih yang lama disimpan akan berwarna kekuning-kungingan. Untuk mencerahkanya kembali gunakan beberapa sendok garam yang dilarutkan pada air panas dicampur dengan beberapa sendok baking soda. Rendam baju tersebut 1-2 jam kemudian dibilas.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger