Wednesday, December 7, 2011

MISTERI DANAU DI TENGAH SALAH SATU GURUN TERBESAR DI DUNIA. ng boranan

MISTERI DANAU DI TENGAH SALAH SATU GURUN TERBESAR DI DUNIA.
[amazing]MISTERI DANAU DI TENGAH SALAH SATU GURUN TERBESAR DI DUNIA. - Gurun Badain Jaran adalah sebuah gurun pasir di Cina yang terletak antara provinsi Gansu, Ningxia dan Mongolia. Luas Gurun ini sekitar 49.000 kilometer persegi (19.000 mil persegi). Pada Gurun ini terdapat gunung pasir tertinggi didunia. Beberapa bukit mencapai ketinggian 500 meter (1.600 ft). misteri mengapa rangkaian bukit pasir terbesar di dunia tetap berada di tempatnya dan bentuknya relatif tidak berubah, akhirnya terpecahkan. Perlu diketahui, para ahli geologi sebelumnya bertanya-tanya mengapa bukit-bukit pasir setinggi 500 meter di gurun badain jaran, china, tetap berdiri walau menghadapi hembusan angin kencang. Ternyata bukit-bukti itu dipersatukan oleh sistem air bawah tanah yang baru-baru ini diketemukan. Menurut peneliti ling li dari universitas queensland, australia, dan rekan-rekannya, walau bukit-bukit itu kering di bagian luarnya, namun air di baliknya melekatkan butir-butir pasir sehingga mereka kuat menahan gempuran angin. Dalam penelitian, para ilmuwan menemukan air saat menggali sedalam 20 cm di bawah permukaan bukit pasir. Dan ketika mereka menggali sedalam satu meter di antara dua bukit, maka air mulai menggenangi lubang galian tersebut, padahal kedalaman lubang masih berada 17 meter di atas ketinggian permukaan salah satu danau yang dekat lokasi itu.
Diduga, air-air ini berasal dari lelehan salju di pegunungan qilian, 500 kilometer barat daya gurun. Lelehan mengalir melalui rekahan di pegunungan dan masuk ke lapisan batu karbon, sebelum masuk ke sistem bukit pasir badain jaran. Bukit-bukit pasir gurun badain jaran dikelilingi oleh 72 danau, dengan luas total 23 kilometer persegi.










Hingga penelitian ini diungkapkan, tidak seorang pun mengira ada banyak air di dalam gurun itu. Para ilmuwan memperkirakan ada sekitar 500 juta meter kubik air melewati wilayah itu tiap tahun."temuan ini bisa dijadikan suatu sistem untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah tersebut," kata ling li. Pemerintah china sendiri berencana mengembangkan proyek pengadaan air di sekitar pegunungan qilian, yang akan menyediakan sekitar 250 juta meter kubik air tiap tahun.nah, dengan adanya air di gurun, rencana itu mungkin tidak penting lagi. Namun mereka memperingatkan bahwa pengambilan air dari bukit pasir bisa menyebabkan bukit-bukit itu berubah bentuk, dan mungkin akan mempengaruhi ekosistem setempat.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger