Tuesday, December 6, 2011

Trik Mengajak si Kecil Berolahraga ng boranan






Jakarta,Anak kecil jaman sekarang lebih suka menonton televisi atau main komputer ketimbang bergerak dan olahraga. Tapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengajak si kecil beraktivitas fisik.

Kurangnya aktivitas fisik ditambah dengan buruknya pola makan memicu terjadinya obesitas sejak masa anak-anak. Jika tidak segera dicegah maka obesitas ini dapat menjadi faktor risiko dari berbagai macam penyakit.

Jika anak-anak terjebak dalam kebiasaan kurang aktivitas, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengajak si kecil beraktivitas fisik, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (2/12/2011) yaitu:


1. Mengontrol waktu untuk menonton televisi

Pastikan orangtua memberi batasan waktu anak menonton televisi sehari-hari, yaitu sekitar 1-2 jam sehari sudah cukup untuk hiburan. Sebaiknya hindari meletakkan televisi di kamar tidur, tapi cukup di ruang keluarga atau ruang bersama saja.

post by wiraspy:

Peletakan televisi di kamar anak, sangat tidak baik menurut ane. Karena kita sebagai orangtua tidak bisa mengontrol dan mengawasi apa yang dia tonton. Dan biasanya, si anak jadi males belajar karena pengennya nonton acara televisi tersebut. Selain males belajar, juga males untuk keluar kamar, karena pasti dia merasa nyaman di kamar seharian.


2. Berikan video permainan yang mengharuskan anak bergerak

Jangan berikan video permainan yang hanya menyuruh anak-anak duduk di depan televisi atau komputer saja, tapi berikan permainan yang menuntut mereka untuk bergerak saat bermain seperti Wii.

post by wiraspy:

Bila di rumah ada Play Station atau Wii atau Game PC, sebisa mungkin pilihlah game yang memungkinkan anak bergerak. Seperti Game dance



Untuk anak yang masih Balita, diusahakan ajak dan temenin dia saat bermain


3. Berjalan kaki ke sekolah

Jika sekolah dekat dari rumah, maka tidak perlu diantar dengan mobil atau motor sehingga memberi kesempatan pada anak untuk bergerak.

post by wiraspy:
Naaah..., kalo ini pengalaman ane pribadi
dulu waktu masih SD, ke sekolah jalan kaki rame-rame ama temen2
Jarak sekitar 1 KM PP
Capeeek sih..., tapi menyehatkan dan menyenangkan


4. Berikan contoh sebagai orangtua yang senang berolahraga

Anak-anak selalu melihat orangtua sebagai role model, jika orangtua lebih sering duduk di sofa dan jarang bergerak maka anak akan mengikuti. Tapi jika anak melihat orangtua senang dan menikmati kegiatan fisik maka anak akan melakukan hal yang sama.

post by wiraspy:
Diawali dari kita sebagai orang tua
Ane biasanya melakukan gerakan olah raga kecil dirumah, seperti peregangan otot tangan dan kaki. Kalo di luar rumah, waktu jalan2 ama si kecil, biasanya ane ajak lari....


5. Memasukkan olahraga sebagai agenda keluarga

Melakukan olahraga atau aktivitas fisik bersama-sama akan membuat anak semakin termotivasi untuk mengikuti, mulailah dengan mengagendakan seminggu sekali berolahraga bersama.

post by wiraspy:

setiap weekend bisa dijadikan pilihan yang tepat. Kebetulan ane 5 hari kerja , jadi bisa Sabtu atau minggu kita ke pantai, selain olahraga lari2 di sana, sekalian refreshing . Kadang juga maen ke Alun-alun (Jogjakarta) buat lari2 pagi disana, terus sekalian cari sarapan bubur ayam. Maknyuooozzz......

6. Melakukan beberapa tugas rumah tangga bersama-sama
Beberapa tugas rumah tangga adalah cara yang bagus membuat tubuh berkeringat, seperti membersihkan kamar, mencuci mobil bersama atau bersih-bersih rumah.

post by wiraspy:

Luangkan waktu setiap hari untuk membersihkan rumah. Yang ane lakuin biasanya menyapu dan mengepel lantai . Ajak si kecil untuk menyapu. Awal-awalnya sih dia malah bikin kacau.... kotoran-kotoran malah diobrak-abrik pake sapu ....
Kadang kala ane suruh bantu beres2 kamar, dianya angkatin bantal guling, narikin sprei. Atau beresin maenan dia.
*namanya juga anak kecil *


7. Memberi kado ulangtahun yang berhubungan dengan olahraga

Banyak orangtua yang memberikan kado berupa mainan atau video permainan, tapi cobalah memberi kado berbeda seperti sepatu olahraga, sepatu sepakbola atau bola basket.

post by wiraspy:

Anak ane paling demen tuh ama bola (sepak bola). Lari kesana-kemari nendangin bola . Ane biarin aja, sambil diawasin.
8. Mencari kegiatan yang disukai anak

Anak-anak akan melakukan sesuatu sesuatu yang ia sukai atau senangi dengan lebih bersemangat, pilihlah kegiatan yang disenangi si kecil seperti berenang atau kegiatan fisik lainnya.

post by wiraspy:

Jalan-jalan di pagi atau sore hari bisa dijadikan media untuk olahraga. Anak ane demen banget. Karena selain bisa ketemu temen-temen sebayanya (anak-anak tetangga), juga bisa bersosialisasi dengan mereka

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger