Wednesday, October 26, 2011

Badai Topan Terdahsyat Di Dunia ng boranan


Tak bisa dipungkiri bahwa dunia hari ini akan melalui banyak bencana alam seperti topan, gempa bumi, tsunami dan sejenisnya. Setiap tahun, kebanyakan negara terutama di daerah tropis pengalaman topan dengan kecepatan yang berbeda.Topan dan badai dapat merusak dan menciptakan kehancuran hanya satu hari dari keberadaan di tempat-tempat tertentu. Beberapa bahkan Dapat menyebabkan Kerugian yang amat besar. Namun 10 Badai Topan Terdahsyat Di Dunia berikut ini pernah menerjang dengan kekuatan paling dahsyat sehingga menimbulkan kerusakan dan kerugian yang besar dan beberapa orang jadi korban keganasan badai topan tersebut. Berikut adalah daftar 10 Badai Topan Terdahsyat Di Dunia.

10: Topan Cimaron



Pada 2006, Topan Cimaron tercatat menjadi salah satu topan terkuat di dunia. Ini menghancurkan Filipina dengan kecepatan 230 kilometer per jam menghancurkan rumah dan sawah dan sifat penting lainnya. Nama topan itu ditegaskan oleh Filipina dan merupakan jenis sapi liar. Topan menewaskan sekitar 20 orang, sebagian besar dari mereka tenggelam, dan 15 orang menjadi hilang. Ia bertanggung jawab atas kerusakan properti senilai 9 juta dolar.

9: Badai Andrew


Andrew badai tercatat telah menyerang bagian selatan Florida, bagian Southwest Louisiana dan Bagian Utara barat Bahama. Badai itu tidak terlalu kuat dibandingkan dengan badai dan topan kuat lainnya, namun memiliki jangkauan yang luas dari kehancuran. Sebuah senilai kerusakan sebesar 26,5 miliar dolar AS juga disebabkan oleh topan.Sebagian besar kerusakan terletak di Florida Selatan. Hal itu dinyatakan sebagai "paling mahal" badai yang melanda planet ini. Karena kerusakan besar dan besar yang disebabkan badai di Florida dan di Louisiana juga, nama "Andreas" dibebastugaskan pada tahun 1993. Nama itu menyatakan tidak akan digunakan lagi untuk Badai Atlantik.Nama itu kemudian diganti dengan nama "Alex" untuk musim 1998.

8: Topan Nina



Topan Nina terjadi pada tahun 1975. Itu menghantam Cina dan memecahkan Dam Banqiao dan menyebabkan banjir besar menghancurkan hampir 100.000 orang di negara itu, bencana alam yang dirusak negara terpadat di dunia hanya dalam beberapa hari.

7: Topan Saomai



Topan Saomai melanda China dan Taiwan dan menghancurkan lebih dari 1.000 rumah, dan sekitar 100 orang terluka. Topan Saomai adalah topan 5 musim dan badai tropis 7 juga. Topan lewat di 135mph. Telah direkam topan Cina yang paling kuat sejak tahun 1949. Hal itu dikatakan telah menewaskan 458 orang dan menyebabkan kerusakan sekitar 2,5 miliar dolar-nilai properti. Namanya, "Saomai" berasal dari Vietnam dan didefinisikan oleh "Bintang Kejora".


6: Topan Megi



Ivan Cabrera, seorang ahli meteorologi CNN, menyatakan bahwa topan Megi, adalah salah satu topan terkuat yang pernah dialami di planet ini sejak tahun 2005. Kecepatan topan tercatat berada di 225kph. Topan menghantam di tahun 2010 di bagian timur laut Luzon, Filipina. Setelah menghantam Filipina, Topan Megi kekuatan kembali dan pindah ke Laut Cina Selatan dan akhirnya memburuk kekuatannya. Biaya kerusakan topan itu sekitar $ 693.700.000.Selain itu, topan itu adalah topan hanya pada tahun 2010 telah mencapai Status Topan Super.

5: Topan Ida



Topan Ida melanda pada tanggal 24 September di tahun 1960. Ini telah memukul Jepang dengan kecepatan 115 mph dan dampak dan menyebabkan 700 orang hilang dan 300 orang tewas. Topan memang telah menyebabkan kerusakan besar tidak hanya untuk sifat Jepang tetapi juga kepada rakyatnya. Struktur saat itu tidak begitu kuat, membuat angin cepat dan perairan bergegas masalah yang sangat merusak banyak tempat di seluruh Tanah Matahari Terbit.



4: Badai Kenna



Topan Kenna adalah kategori 5 badai. Hal ini direkam untuk menjadi yang terkuat 3 Pasifik badai yang menerjang pantai Meksiko. Hal ini terjadi di 25 Oktober, 2002. Kecepatan Topan adalah 140 mph dan merusak sekitar 101 juta dolar-nilai properti. Bayangkan saja angin yang berlari secepat mobil sport. Ini dengan mudah dapat meniup segala sesuatu yang melintasi jalan.

3: Badai Katrina



Badai Katrina terjadi pada bulan Agustus tahun 2005. Hal itu terlihat di Louisiana dan Mississippi dimana tekanan minimum tercatat adalah 905 milibar atau 26,64 inci. Tercatat Badai Katrina adalah badai terkuat kedua yang melanda seluruh AS. Kerusakan Badai Katrina pada berita di seluruh dunia sementara itu terjadi dan bahkan setelah badai berlalu. Negara ini hancur dengan kerugian dan kerusakan itu telah menyebabkan kepada rakyatnya dan sifat mereka.






2: Topan Cora



Cora Topan mencapai puncak 175 mph. Ini telah memukul Okinawa, timur Cina Utara dan Korea Selatan.

1: Topan Tip



Pada tanggal 12 Oktober 1979, Topan menghantam Tip Guam dan Jepang dengan kecepatan 190mph. Sekitar 100 orang tewas dan biaya kerusakan tidak diketahui. Topan itu adalah topan ke-12 dan badai tropis kesembilan belas dari musim topan Pasifik 1979. Dengan diameter 1.380 mil, Tip topan tercatat sebagai siklon tropis terbesar yang pernah dialami di seluruh dunia.



0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger