Sunday, October 30, 2011

Faktor Yang Menyebabkan Varises ng boranan

Ada beberapa faktor yang menjadi sebab meningkatnya risiko seseorang terkena varises. Sementara beberapa dari kita mungkin tidak memiliki resiko terkena varises, dan beberapa orang lain mungkin lebih rentan mengalami varises.

Jika Anda termasuk orang yang rentan dan memiliki resiko terkena varises, anda haruus melakukan sesuatu untuk mencegahnya sebelum semuanya menjadi terlambat.



7 Faktor Penyebab Varises

Faktor-faktor berikut adalah kondisi yang dapat meningkatkan peluang seseorang berkembang varisesnya. Dengan mengetahui beberapa faktor tersebut, anda akan lebih waspada untuk mencegah diri dari meningkat dan berembangnya varises.

Faktor risiko ini meliputi:

1. Faktor usia. Semakin tua Anda, semakin rentan Anda akan untuk memiliki masalah vena karena semakin kita bertambah tua, katup dalam pembuluh darah kita lemah dan tidak dapat bekerja dengan baik, terutama jika Anda jarang berolahraga.

2. Kurangnya latihan. Tidak mendapatkan latihan yang cukup dapat meningkatkan risiko varises. Vena melemah karena duduk atau berdiri berjam-jam. Selain itu, orang yang duduk dengan kaki bengkok atau hurup X meningkatkan risiko terkena varises lebih besar.

3. Berat badan. Sejalan dengan kurangnya olahraga adalah memiliki kelebihan berat badan pada tubuh Anda. Kelebihan berat badan atau obesitas memerlukan tekanan ekstra pada pembuluh darah Anda dan sekali lagi, membuat mereka bekerja lebih keras. Hal ini terutama dapat menyebabkan varises jika kita tidak berhati-hati.

4. Perubahan hormon dalam tubuh . Perubahan hormon tubuh yang biasanya terjadi selama pubertas, kehamilan, dan menopause juga menempatkan satu risiko untuk kondisi vena (yang juga mengapa perempuan lebih rentan terhadap varises daripada laki-laki.). Obat seperti pil KB dan obat-obatan lain yang mengandung estrogen dan progesteron juga dapat meningkatkan risiko pembentukan vena melemah dan komplikasi.

5. Kehamilan. Kehamilan biasanya disertai dengan risiko ganda penambahan berat badan dan perubahan hormonal. Lebih khusus selama kehamilan, ada peningkatan besar dalam jumlah darah dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah semakin besar. Membesarnya rahim juga menempatkan tekanan (karena berat tambahan serta suplai darah juga diperlukan ke bagian ini) pada vena dan mungkin bisa menyebabkan varises saat hamil. Namun, varises biasanya akan kembali membaik dalam waktu 3 bulan setelah melahirkan. Perempuan yang telah memiliki bayi sebelumnya harus menyadari bahwa ada kemungkinan bahwa urat varises mungkin muncul pada kehamilan berikutnya. Namun Berolahraga selama kehamilan membantu mengurangi risiko varises.

6. Menghabiskan berjam-jam di bawah matahari dapat menyebabkan seseorang terkena risiko varises pada wajah, khususnya pipi atau hidung.


7. Riwayat medis keluarga. Jika ada seseorang dalam keluarga Anda dengan kondisi vena yang lemah, kemungkinan bahwa Anda juga mungkin memiliki katup vena yang lemah. Sekitar separuh populasi orang yang memiliki varises dalam keluarga mereka, juga memiliki anggota lainnya yang sama menderita varises.

Jika Anda sudah memiliki varises, klinik dan pusat kesehatan tertentu memiliki prosedur dan terapi yang tersedia yang dapat membantu meminimalkan kondisi varises anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger