Saturday, October 29, 2011

Tips Menghadapi Anak Susah Makan ng boranan

Asupan makanan dan minuman untuk bayi memang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pertumbuhan fisik dan otak anak. Jadi cobalah dengan sabar dan telaten mencari berbagai cara untuk menarik minat makan anak. Makan dan minum sebetulnya adalah kebutuhan dasar dan insting, artinya bila lapar anak akan makan.
Tips Menghadapi Anak Susah Makan
Namun, kecemasan dan rasa tidak nyaman bisa disebabkan dari cara pemberian makan, menu dan masalah pencernaan anak itu sendiri, yang pada akhirnya membuat selera makan anak hilang. Apalagi bila ibu dan pengasuh sering berteriak, membentak bahkan menakut-nakuti anak supaya mau makan.

Ada beberapa cara yang bisa ibu coba untuk meningkatkan nafsu makan si kecil :
  1. Upayakan ada waktu makan bersama. Sehingga minat makan anak muncul bila melihat sekelilingnya juga melakukan aktivitas yang sama. Dan ajak anak makan sambil menikmati sesuatu, misalnya duduk di kursi makan dengan memegang mainan sendok dan piringnya seolah-olah anak sedang makan sendiri
  2. Membuat jadwal makan dan minum susu yang tepat sehingga anak bisa merasakan lapar dan nikmatnya makan. Misalnya jika pukul 12.00-12.30 waktunya makan siang maka 1-2 jam sebelumnya jangan memberi camilan pada anak agar perut anak tidak kenyang.
  3. Bila anak belum mau makan jangan dipaksa apalagi membuat anak menangis sambil makan. Situasi seperti ini makin membuat anak tidak menyukai acara makan.
  4. Sering-seringlah mengajak anak bercerita dan berkomunikasi pentingnya makan makanan bergizi. Anak usia 1,5 tahun sudah mampu menangkap pesan yang disampaikan padanya.
  5. Berikan pujian pada anak apabila dia mau mengunyah dan menelan makanannya dengan baik.
  6. Jangan memberikan porsi makan yang berlebihan dan memaksa anak untuk menghabiskannya.
  7. Ciptakan suasana happy saat jam makan tiba. Bila ibu/pengasuh stress duluan bisa dipastikan anak juga tegang.
  8. Berikan vitamin yang tepat sesuai saran dokter.
  9. Sulit makan juga bisa disebabkan dengan fase perkembangan yang harus dilalui beberapa anak dengan pertambahan usia serta sempurnanya pertumbuhan gigi dan rahang, jika fase ini terlewatkan nafsu makan anak pun akan meningkat.


0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger