Wednesday, October 26, 2011

Mengatasi stress di tempat kerja ng boranan

Tahukah anda, Bahwa sekitar 40 juta orang di Eropa (atau sekitar 1 dari 3 orang) mengalami stres di tempat kerja?, dan tahukah kamu bahwa Stress adalah masalah pekerjaan terbesar kedua setelah sakit punggung? Sebegitu dahsyatnya kah yang namanya stress di tempat kerja itu? Ya, memang.

http://www.revolutionp.com/wp-content/uploads/2010/11/stress2.jpg

Stress memang bukanlah penyakit yang obatnya mudah ditebus di apotik-apotik, lebih dari itu, stress adalah gejala kejiwaan yang melanda banyak orang, Stress tidak bisa dihilangkan dan disembuhkan, tapi kita bisa mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi stress di tempat kerja.

1. Buatlah ruangan kerja anda serapi dan sebagus mungkin, usahakan agar cukup cahaya (dan dengan ventilasi), jika perlu, letakkan pengharu ruangan di dekat meja kerja anda. Hal ini akan membuat pikiran anda terasa lebih tenang (berlaku untuk pekerja yang bekerja di kantor)

2. Jika anda sudah terasa penat saat bekerja, istirahatlah barang 10 atau 15 menit untuk relaksasi, gunakan waktu ini untuk memejamkan mata dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkanya perlahan. Ini akan membantu anda untuk bisa sedikit lebih rilex.

3. Buatlah suasana kerja anda lebih kondusif, jalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan teman kerja anda. Sesekali bercandalah dengan teman-teman kerja anda.

4. Jangan anggap tugas dari bosa sebagai sebuah beban, namun anggaplah sebagai tantangan baru yang harus anda selesaikan. Hal ini akan meningkatkan rasa optimisme anda dan mengurangi anda dari gejala stress.

5. Cobalah untuk bisa curhat dengan teman kerja anda (pastikan teman anda bisa dipercaya) mengenai masalah-masalah yang sedang terjadi pada anda. hal ini akan bisa mengurangi beban anda.

6. Jangan pernah biarkan masalah atau urusan rumah tangga terbawa di dalam kantor. Anggap bahwa antara kantor dan rumah adalah dunia yang berbeda.

7. Selama bekerja, jangan terus terpaku dengan pekerjaan anda, sesekali anda perlu berjalan-jalan, entah mendatangi teman anda, atau sekedar membuat minuman di dapur kantor.

8. Jangan terlalu terforsir pada pekerjaan anda, anda harus bisa membagi membagi waktu anda. mana waktu untuk bekerja, dan mana waktu untuk keluarga.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger