Wednesday, October 26, 2011

Tanda Stres ng boranan

Tekanan hidup dan beban pekerjaan sering menyebabkanstres. Dampaknya bisa buruk bagi sistem pencernaan seperti iritasi organpencernaan bahkan penyakit kardiovaskular dan stroke. Sayangnya, kita seringtidak menyadari bahwa sebenarnya ada gejala dan tanda kita terkena stres.

* Rahang nyeri
Bukan hanya karena sakit gigi, stres secaraemosional dapat membuat otot-otot rahang sakit. Gejala ini biasanya terjadiketika bangun atau tidur. Secara umum, perhatikan apa yang pernah Anda alami,sehingga ketika gejala itu kembali Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.Fokuskan pada merelaksasikan rahan ketika Anda merasa panik.





* Kulit gatal
Stres membuat perubahan pada sel-sel kekebalan yangditemukan di kulit dan membuatnya lebih aktif. Stres bisa mengakibatkanbeberapa kondisi seperti psoriasis, rosacea, dan atau lebih buruk lagi, eksim.Jika kulit terasa gatal akhir-akhir ini, perhatikan tingkat stres dalam hidupAnda, dan segera mengambil langkah untuk meminimalkan. Anda juga bisamengunjungi seorang dokter spesialis kulit untuk membantu memecahkan masalahini.



* Mata kedutan
Meskipun penyebab pasti dari mata kedutan tidakdiketahui, bisa jadi ini tanda bahwa Anda perlu beristirahat dan santai.Kadang-kadang kedutan akan hilang setelah tidur nyenyak di malam hari, namunjuga bisa terjadi hingga tiga minggu. Kelelahan dan berlebihan konsumsi kafeinbisa menjadi penyumbang utama mata kedutan. Mengurangi hal yang bisa membuatstres adalah cara utama menghentikan kedutan ini.







* Nyeri pada gusi
Stres meningkatkan kadar hormon kortisol, yang padaakhirnya menciptakan sensasi terbakar di sebluruh tubuh termasuk gusi. Hal inijuga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang memicu pertumbuhan bakteri dimulut dan memicu iritasi serta peradangan pada gusi. Selain menggosok gigi danberkumur dengan cairan pembersih,tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, cukuptidur dan konsumsi multivitamin.






* Mual
Stres juga bisa memicu ketidaknyamanan di perut.Tingkat stres yang tinggi menunjukkan peningkatan gejala seperti sakit perut,yang sebagian disebabkan hormon yang dilepaskan akibat dari stres ataukecemasan.
Tubuh menghasilkan reaksi pertahanan dari stres,yang bisa memicu jantung berdebar dan adrenalin meningkat. Olahraga adalah carayang bagus untuk memerangi stres, termasuk mual. Makanan juga berperan penting.Jadi kurangi konsumsi kopi dan jauhi makanan yang memakai banyak bumbu.





0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger