Friday, October 28, 2011

Lukisan Picasso Ditemukan Setelah Hilang Tiga Tahun ng boranan

Dua lukisan karya Picasso, yang hilang selama tiga tahun, akhirnya ditemukan di Serbia. Kedua lukisan tersebut sebelumnya dicuri dari sebuah galeri seni di Pfaeffikon, Swiss, pada 2008. Nilai dua lukisan yang berjudul 'Verre et Pichet' dan 'Tete de Cheval' itu, diperkirakan mencapai £2,6 juta atau Rp37 miliar. Lukisan tersebut sebenarnya pinjaman dari Hannover Sprengel Museum, Jerman.

lukisan picasso

Ivica Dacic, Menteri Dalam Negeri Serbia, mengatakan kalau pihaknya memang telah lama melakukan investigasi untuk menemukan lukisan tersebut, bekerjasama dengan kepolisian Swiss. Ia juga mengungkap kalau pemerintah Swiss telah membuat sebuah aplikasi formal, untuk pengembalian lukisan.

"Saya bisa mengatakan dengan bangga dan penuh kesenangan, bahwa setelah tiga setengah tahun melakukan investigasi, kamu menemukan lukisan tersebut," kata Charles Faessler, jasa dari Swiss, yang menangani kasus ini, dikutip dari Telegraph.co.uk, 27 Oktober 2011.

Tapi, kasus ini masih jadi misteri. Itu karena media Serbia melaporkan bahwa tidak ada penangkapan, ketika lukisan itu ditemukan dan polisi Serbia mengatakan masih melanjutkan penyelidikan

"Kami sekarang mencoba untuk memastikan siapa yang membawa lukisan ke Serbia, kapan dan bagaimana, dan di mana saat ini mereka tersembunyi," kata Milorad Veljovic, direktur polisi Serbia.

Motif pencurian juga masih belum jelas. Dengan gambar lukisan yang sangatt dikenal dunia seni ini, mustahil bagi pencuri telah menjualnyaa di pasar terbuka. Oleh karena itu, pencuri mungkin bekerja untuk seorang kolektor atau mungkin mencoba melakukan pemerasan terhadap perusahaan asuransi yang bertanggung jawab pada lukisan.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger