Friday, October 28, 2011

Planet Ini Tertutup Laut Mendidih ng boranan

Sebuah tim astronomi menemukan sebuah planet di mana satu tahunnya berlangsung hanya 18 jam. Planet air itu memiliki radius sekitar dua kali ukuran Bumi. 55 Cancri E adalah planet terdalam yang mengitari bintang seperti matahari bernama 55 Cancri A. Jaraknya sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi.

planet 55 Cancri E

Tim dari Universitas Liege di Belgia mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang planet itu setelah melakukan sebuah studi baru. Tim yang dipimpin oleh Michael Gillon itu mengamati planet tersebut menggunakan teleskop ruang angkasa NASA dan teleskop ruang angkasa Kanada.

Penggunaan teleskop itu sangat penting karena para astronom dapat menganalisis jumlah cahaya yang planet itu tutup dari bintang induknya saat dia lewat. Hal itu memungkinkan mereka mengukur radius planet yang menghasilkan temuan ukurannya dua kali lipat dari Bumi.

Penemuan ini memungkinkan Gillon dan timnya untuk menyimpulkan bahwa meski planet itu berbatu, ukurannya terlalu besar jika hanya terbuat dari batu saja. Para astronom menemukan bahwa 55 Cancri E mengandung volatil, yaitu senyawa dengan titik didih rendah yang ditemukan di permukaan planet. Senyawa itu terdiri dari air, nitrogen dan karbon dioksida.

Kehadiran volatil membuat tim menyelidiki dua kemungkinan temuan. Yang pertama adalah bahwa atmosfer itu terbuat dari hidrogen dan helium, agak mirip dengan atmosfer raksasa es seperti Jupiter atau Saturnus. Namun mereka mengesampingkan hal itu karena kondisi seperti itu akan menghilang ke ruang angkasa hanya beberapa juta tahun.

Sebaliknya mereka menyimpulkan bahwa sebuah bungkusan air sekitar 20 persen dari massa planet merupakan penyebab besarnya ukuran planet itu, sehingga membuatnya sebagai dunia air. Sebaliknya air yang ada di bumi hanya 0,023 persen dari massa bumi. Dunia air pada 55 Cancri E memiliki kemiripan dengan film Kevin Costner yang dirilis pada tahun 1995, Waterworld.

Sebaliknya, karena dekat dengan matahari, airnya dalam kondisi di mana fase cairan dan gas menjadi satu. Planet ini juga berada dalam kondisi di mana satu sisi berada di bawah sinar matahari permanen sementarasisi yang lain berada dalam kegelapan permanen. Bintang induk dari 55 Cancri E, yang dikenal sebagai 55 Cancri A dapat terlihat dengan mata telanjang di peta bintang Cancer.

Bintang ini salah satu dari segelintir bintang yang dikenal memiliki setidaknya lima planet. Bagian terdalam planet-planet ini adalah 55 Cancri E. Ia ditemukan pada tahun 2004.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger